* ADVERTISEMENT

Author Topic: "G8", Perkumpulan Negara-negara Superior Dunia  (Read 5661 times)

0 Members and 2 Guests are viewing this topic.

YoungGuns

  • Letnan
  • *
  • Posts: 64
  • Reputation Power: 2
  • YoungGuns has no influence.
"G8", Perkumpulan Negara-negara Superior Dunia
« on: March 05, 2012, 04:08:11 AM »
Quote

Apa itu G8
Quote
Kelompok Delapan (G8) adalah koalisi delapan negara dengan ekonomi terbesar di dunia. Forum ini berasal dari pertemuan puncak 1975 diadakan oleh Prancis yang menghadirkan perwakilan dari enam pemerintah: Perancis , Jerman , Italia , Jepang , dengan Inggris , dan Amerika Serikat , sehingga mengarah kepada Grup Enam atau G6. KTT ini dikenal sebagai Kelompok Tujuh atau G7 tahun berikutnya dengan penambahan Kanada . Pada tahun 1997, Rusia telah ditambahkan ke dalam kelompok yang kemudian dikenal sebagai G-8 sampai saat ini. [2]

Latar Belakang Pembentukan
Quote
G8 berakar dari krisis minyak 1973 dan resesi dunia yang terjadi selanjutnya. Masalah-masalah ini membuat Amerika Serikat mendirikan kelompok bernama Library Group, sebuah perkumpulan para pejabat keuangan senior dari Amerika Serikat, Eropa, dan Jepang, untuk mendiskusikan masalah-masalah ekonomi. Pada 1975, Presiden Perancis Valéry Giscard d'Estaing mengundang para kepala negara enam negara demokratis besar yang maju ke pertemuan G6 yang pertama di Rambouillet dan menawarkan ide untuk adanya pertemuan tetap. Para peserta setuju terhadap rencana pertemuan tahunan dengan jabatan kepresidenan kelompok tersebut yang bergilir, dan mendirikan apa yang dinamakan G6 (Kelompok Enam) yang terdiri dari Perancis, Jerman, Italia, Jepang, Amerika Serikat, dan Britania Raya. Pada pertemuan kedua di Puerto Riko, G6 menjadi G7 dengan masuknya Kanada.
Setelah berakhirnya Perang Dingin, pada 1991 Rusia (saat itu masih Uni Soviet) mulai bertemu dengan G7 setelah pertemuan utama. Sejak pertemuan tahun 1998 di Birmingham, Rusia diizinkan untuk turut serta lebih banyak, menandai terciptanya G8. Meskipun begitu, Rusia tidak mengikuti pertemuan untuk para menteri keuangan karena negara tersebut masih bukan merupakan kekuatan ekonomi yang besar.


Fakta Mengenai G8
Quote
Delapan negara anggota G8 adalah negara-negara pengekspor terkemuka di dunia.  Amerika Serikat, Jerman, Italia, Perancis, Rusia dan Jepang adalah di antara 10 negara dengan cadangan emas terbesar . Beberapa dari mereka merupakan bursa efek utama dengan nilai diperdagangkan dan kapitalisasi pasar berada di negara-negara G8 (AS, Jepang, Inggris, Kanada, Jerman, Rusia.) negara-negara G8 terwakili dalam sebelas ekonomi teratas (dengan PDB nominal ) dunia , menurut data terbaru (2010) Statistik Moneter Internasional IMF. Juga, lima negara G8 memiliki GDP nominal per kapita di atas US $ 40.000. (Amerika Serikat, Kanada, Jepang, Perancis, Jerman), dari data yang sama IMF. Namun, hanya empat dari negara-negara G8 memiliki dana kekayaan berdaulat , yang dikelola oleh salah satu warga negara atau pemerintah negara bagian / provinsi (Rusia, Amerika Serikat, Perancis, Kanada). Seiring dengan itu, G8 masuk peringkat di atas tiga puluh negara dengan jumlah besar cadangan devisa di bank sentral . Negara-negara G8 juga memiliki beberapa terbesar di dunia, militer paling berteknologi maju, dan paling kuat. Empat dari delapan negara dipersenjatai dengan senjata nuklir (Prancis, Rusia, Inggris, Amerika Serikat), tiga negara lainnya memiliki kemampuan untuk menghasilkan hulu ledak nuklir (Kanada, Jerman, Jepang), dan beberapa memiliki program senjata nuklir berbagi (Kanada, Jerman, Italia).

Anggota-anggota G8
Spoiler for Anggota-anggota G8:

Spoiler for Anggota-anggota G8:

Spoiler for Anggota-anggota G8:

Spoiler for Anggota-anggota G8:

Spoiler for Anggota-anggota G8:

Spoiler for Anggota-anggota G8: